Blogroll

Blogger templates

Kamis, 17 Februari 2011

Pemanasan Global & Adiwiyata Nasional


Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.
(Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global)


Diatas adalah cuplikan dari sebuah artikel dalam laman Wikipedia Indonesia. Bila kita membaca artikel tersebut, kita sudah merasa ngeri akan dunia saat ini.Dimana Suhu permukaan bumi sudah semakin naik dengan kata lain bumi semakin panas aja Bro !!!... bukan itu saja lautan pun semakin panas dan hal ini sudah diprediksi sejak 600 juta abad yang lalu (kira-kira aja) atau tepatnya pada zaman Nabi Muhammad SAW (ini baru bener).sebagian isinya yaitu menerangkan bahwa "Air laut mulai panas".






Anomali suhu permukaan rata-rata selama periode 1995 sampai 2004 dengan dibandingkan pada suhu rata-rata dari 1940 sampai 1980.

5 hari yang lalu saya sendiri membuktikan hal tersebut, Suhu tempratur di Daerah Serang - Banten mengalami kenaikan yang signifikan.. terbukti masyarakat daerah Tambak Kecamatan Kibin Serang-Banten merasa Panas baik siang hingga malam hari. dan hal ini pun dirasakan oleh masyarakat yang berada dikawasan Komplek perumahan Ciracas-Serang Kota (Asep yanto S). Masyarakat cikande (Rita Christina), mengaku suhu pada hari itu sangatlah panas dari pagi hingga malam. sayangnya saya tak mempunyai alat pengukur suhu ruangan sehingga saya tak tahu pasti berapa tepatnya suhu pada hari itu.yang pasti suhu pada 1 hari itu sangatlah berbeda.
hingga saat ini 17 Februari 2011, pada siang hari kita merasakan panas yang teramat panas.mungkin salah satu faktornya adalah letak geografi Provinsi banten terutama kabupaten serang yang dekat dengan daerah laut.sehingga angin laut membawa hawa panas dari laut ke darat yang membuat daratan bertambah panas saja.
kalu sudah seperti ini siapa yang harus bertanggung jawab ?. ketika semuanya sudah tidak mungkin tuk dikembalikan secara utuh seperti sediakala (kalau kompi or laptop mah gampang Gan tinggal Inul aja). tapi jangan ada kata terlambat tuk lakukan perbaikan.

Pemerintah sudah membuat sebuah program yang terinspirasi dengan keadaan bumi saat ini


TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA
Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia

Norma Dasar Program Adiwiyata
Program dan kegiatan yang dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan yang meliputi antara lain: Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Prinsip-prinsip Dasar Program Adiwiyata
•  Partisipatif: Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.
•  Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.
(kutipan dari : http://www.menlh.go.id/adiwiyata/tujuan.htm )

Seperti kutipan diatas pemerintah ingin menanamkan keasadaran akan pentingnya lingkungan hidup sedari dini.sejak anak mulai bersekolah untuk itu dibuatlah beberapa indikator dan kriteria khusus :

INDIKATOR DAN KRITERIA PROGRAM ADIWIYATA
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan 4 (empat) indikator :
  1. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
  2. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
  3. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif
  4. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yanga Ramah Lingkungan   

Tujuan akhir yang diharapkan pemerintah adalah munculnya generasi penerus bangsa yang bukan hanya memiikirkan kemajuan bangsanya namun juga menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar sebagai tempat ia hidup; (argument penulis).

ya jika kita pikirkan lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. mari kita lakukan 3R
Mulai dari sampah terkecil yang ada disekitar kita. kalau bukan kita lantas siapa lagi ?.jika kita masih saja ego dengan keangkuhan tanpa memperdulikan lingkungan itu adalah HAL BODOH
( mikir Gan Ente Idup di Bumi, masa Bumi gak Diurus Ibarat kata nih Ente Ngekos tapi Kosanya Amburadul bakal marah Gak tuh Ibu kos ? yang ada Ente di Sepak dari Kosannya)
sudah saatnya kita bangkit, sudah saatnya WONG BANTEN Gebrak! Indonesia, kita lakukan sebuah tindakan nyata 1 orang membuat lingkungan yang asri dirumahnya. ini berarti :

1 orang = 1 rumah asri lingkungan

Jika 9.083.144 Juta rakyat banten (data 2005) sadar akan hal ini,
kan tercipta pulau kecil nan hijau di khatulistiwa tercinta, pulau itu adalah BANTEN !!!

Sedikit hal yang saya tulis saat ini semoga bisa menginspirasi anda yang membaca. kalau suka atau punya hal tuk share kasih komentar yak gan disini... heheheh ^_^

1 komentar anda membawa perubahan pada 1 tahap proses penghijauan Bumi kita







SUMBER REFERENSI :

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global
2. http://www.menlh.go.id/adiwiyata/tujuan.htm
3. Video by Youtube.com (http://www.youtube.com/watch?v=BWf-eARnf6U)
4. http://www.bantenprov.go.id/?link=dtl&id=686

1 komentar:

Obat herbal hepatitis B mengatakan...

Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan saya akan membalasnya segera (kalau bisa itu geh) hehehe ^_^

Tata Cara memberi Komentar

1. Pilih artikel yang kamu ingin baca pada menu diatas
2. klik tulisan komentar letaknya pada akhir posting artikel tersebut.

3. pada tulisan "beri komentar sebagai.." pilihlah anonymous"
4. tulis komentar pada kotak yang disediakan
5. klik posting komentar dan masukan kode keamanan

terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

1 komentar = 1 proses diskusi
1 proses diskusi = 1 ilmu baru dalam pengetahuan


MAJU TERUS TEKHNOLOGI INDONESIA !!!

Selamat Datang di BAGUS HOUSE'90 Blog Minimalis tapi isi Maximalis STOP PLAGIAT !!! berikan Url Link situs ini jika anda mencopy bahan dari dalamnya MAJU TERUS BLOGGER INDONESIA !!! MAJU BLOGGER BANTEN !!!

Update Bagus House'90